Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Senin, 03 April 2017

BELAJAR HTML Chapter 10 : Membuat Form dengan HTML



     

Form merupakan tempat input data sebelum diproses kedalam database. Contoh dari form adalah, halaman Login, Register, Comment, dan lain-lain. Untuk proses penginputan data dari form akan dipelajari lebih lanjut di materi PHP dan MySQL. tag yang digunakan dalam membuat form adalah <form>. didalamnya kita bisa menambahkan tag <input>, <textarea>, <option>,dan <select>


             Dalam tag <form> dibutuhkan beberapa atribut untuk memproses data yang akan dikirim. atribut yang akan digunakan adalah method. method mendeskripsikan bagaimana data yang akan dikirim oleh web browser. nilai dalam method biasanya get /post. berikut ini akan dielaskan tag yang berada didalam <form>


Tag <input>

      Tag <input> merupakan tag yang akan digunakan alam form pengisian, baik pengisian nama, alamat, gender, dan lain-lain. bentuknya bisa berupa radiobutton, checkbox, button, dan lain-lain. Berikut beberapa bentuk tag <input> :
  1. <input type=’text’> textbox yang bisa menerima inputan text misalkan username atau berupa inputan text yang pendek.
  2. <input type=’password’> textbox yang menerima inputan text, akan tetapi text yang diinput akan di tampilkan sebagai tanda bintang atau titik, textbox ini biasanya digunakan untuk inputan password.
  3. <input type=’submit’> inputan ini berupa tombol (button) untuk memproses data inputan dari form.
  4. <input type=’checkbox’> inputan berupa checkbox yang dapat di ceklis oleh user.
  5. <input type=’radio’> inputan yang berupa radio grup, dimana user dapat memilih salah satu dari pilihan yang disediakan. salah satu contoh penggunaan dari radio ini adalah jenis kelamain.

Tag <textarea>

      Tag <textarea> merupakan tag yang berisi inputan text yang besar ( banyak isinya ). Contoh penggunaan tag ini adalah saat akan membuat form untuk mengsikan alamat, dan lain-lain.

Tag <select>

      Tag <select> merupakan tag yang digunakan untuk user memilih data yang sudah disediakan. tag ini diikuti tag <option> yang berfungsi menampilkan data yang akan disediakan. Contoh penggunaan tag ini adalah saat memilih gender, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar