Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Selasa, 18 April 2017

BELAJAR JAVASCRIPT Chapter 9 : Switch Case di Javascript


HASANONTA - Switch Case adalah salah satu fungsi dalam Javascript yang berguna untuk membuat pengecekan sebuah nilai apakah benar (bernilai 1) ataupun salah (bernilai 0). dan nilai yang akan diperiksa nilainya adalah bisa lebih dari satu. dan pelajaran kali ini akan membahas tentang bagaimana menggunakan switch case pada Javascript.


Switch Case Pada Javascript

Pada contoh penggunaan Switch Case di tutorial kali ini, kita akan membuat pengecekan sebuah variabel warna berisi string merah. kemudian kita cek isi variabel warna ini. Contoh :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>HasanOnta</title>
</head>
<body>
<h1>Switch Case Di Javascript | HasanOnta</h1>

<div id="hasil"></div>

<script>
var warna = "merah";

switch (warna){
case "hitam":
teks = "warna hitam";
break;
case "merah":
teks = "Warna merah";
break;
case "hijau":
teks = "Warna hijau";
break;
default:
   teks = "Warna tidak terdeteksi";
} document.getElementById("hasil").innerHTML = teks;
</script>
</body>
</html>

 Perhatikan contoh diatas, kita memiliki sebuah variabel bernama warna. dan berisi string "merah" :
var warna = "merah";

kemudian kita mengecek isi variabel warna ini dengan Switch Case.

 switch (warna){ case "hitam": teks = "warna hitam"; break; case "merah": teks = "Warna merah"; break; case "hijau": teks = "Warna hijau"; break; default:    teks = "Warna tidak terdeteksi"; }
jika warna menemukan data case nya yang sesuai dengan isi dari variabel warna maka proses pengecekan akan di hentikan. di sini data di temukan pada pengecekan kedua yaitu merah. kemudian kita menyimpan string ke dalam variabel teks. sampai di sini kita telah memiliki isi di dalam variabel teks. dan terakhir kita tampilkan dengan :
document.getElementById("hasil").innerHTML = teks;

lalu Outputnya adalah :



sedikit tambahan, pada bagian default adalah bagian dimana jika pengecekann tidak di temukan maka default yang akan di gunakan. misalnya jika pengecekan warna tidak ada yg sesuai maka default yang di jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar