Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Selasa, 25 April 2017

Instalasi CMS Grav di Linux Mint 18



A. Pengertian
Grav adalah platform Web berbasis file yang Cepat, Sederhana, dan Fleksibel. Ada instalasi Zero yang dibutuhkan. Cukup ekstrak arsip ZIP, dan Anda sudah bangun dan berjalan. Meskipun Grav mengikuti prinsip-prinsip yang serupa dengan platform CMS flat-file lainnya, namun memiliki filosofi desain yang berbeda dari kebanyakan.

Nama Grav hanyalah versi singkat dari kata Gravity. Ruang nama bersama dari platform kami dan sebuah film yang dibintangi Sandra Bullock adalah kebetulan murni! Yang lebih penting lagi, gravitasi juga merupakan prinsip fisik yang sangat penting yang menggambarkan kekuatan tarik antara benda. Terus terang, nama itu dipilih sebagai "codename" sementara untuk proyek tersebut dan hanya macet.

Arsitektur dasar Grav dibangun dengan menggunakan teknologi mapan dan terbaik di kelasnya. Hal ini untuk memastikan bahwa Grav mudah digunakan dan mudah untuk memperpanjang. Beberapa teknologi kunci ini meliputi:

Twig Templating: untuk kontrol kuat dari antarmuka pengguna
Penurunan harga: untuk pembuatan konten yang mudah
YAML: untuk konfigurasi sederhana
Parsedown: untuk penurunan tekanan cepat dan penurunan tekanan ekstra
Doctrine Cache: untuk kinerja
Pimple Dependency Injection Container: untuk perpanjangan dan perawatan
Penyelenggara Acara Symfony: untuk penanganan event plugin
Konsol Symfony: untuk antarmuka CLI
Gregwar Image Library: untuk manipulasi gambar dinamis
Tempat Grav di alam semesta

Ada banyak solusi open source CMS yang kuat untuk membangun situs web yang kompleks. Beberapa yang lebih umum digunakan adalah Joomla, WordPress, dan Drupal. Kelemahan dari platform ini adalah bahwa mereka memiliki kurva belajar yang curam yang terkait dengannya. Ini memerlukan waktu yang cukup lama - dan ini mungkin waktu yang tidak Anda miliki.

Platform ini menyediakan banyak fitur dan fungsionalitas yang dapat Anda manfaatkan dengan beragam plugin dan tema open source dan proprietary. Ekstensi dan tema ini sendiri sering dikemas dengan fitur, membutuhkan lebih banyak pengetahuan dan waktu dari pengembang.

Pada akhirnya, Anda sering menemukan diri Anda membuat situs web yang memerlukan banyak plugin dan ekstensi dari berbagai vendor. Hal ini bisa membuat desain Anda terlalu rumit dan sulit dipertahankan dalam jangka panjang.

Grav menangani masalah ini secara berbeda. Ini berfokus terutama pada konten Anda, dan mengubah struktur konten Anda menjadi situs yang dapat dilayari. Dasar-dasar Grav sederhana, namun melalui acara yang luas, Anda memiliki kendali penuh atas setiap langkah dalam alur kerja Grav.

Hal ini memungkinkan plugin sederhana untuk dengan cepat dan mudah menambahkan fungsionalitas yang kuat. Menggunakan Grav juga mengarah ke lingkungan pengembangan yang cepat dengan proses instalasi yang membutuhkan beberapa detik, termasuk metode pembuatan konten langsung dengan kurva belajar minimal. Hal ini menempatkan Grav dalam posisi bersikap ramah terhadap perancang, pengembang dan pengguna akhir.

Untuk mendapatkan situs dasar up-and-running memerlukan sedikit pengalaman pengembangan Web. Namun, jika Anda menggali sedikit lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa Grav sangat sedikit tidak dapat dicapai.

B. Langkah Kerja


  • Download file instalasi grav di website resminya DISINI
  • setelah didownload, buka terminal. dan masuk ke directory tempat file hasil download disimpan :
cd Document/ig



  • Lalu extract file grav-admin-v1.2.4.zip dengan perintah :
unzip grav-admin-v1.2.4.zip




  • Tunggu hingga proses unzip selesai :


  • lalu pindah file hasil extract tadi ke directory /var/www/html dengan perintah :
sudo mv grav-admin /var/www/html/




  • Lalu masuk ke directory /var/www/html dengan perintah :
cd /var/www/html


  • ketik ls untuk memeriksa apakah file grav-admin telah ada atau belum :


  • Lalu berikan hak akses pada folder grav-admin dengan perintah :
chmod 777 grav-admin

chown -R www-data:www-data grav-admin




  • Lalu buka browser anda dan ketik 
localhost/grav-admin



  • Akan keluar tampilan seperti ini, dan isi kolom kolom yang tersedia sesuai selera. scrool kebawah dan klik create user  :

  • Tampilan awal grav :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar