Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Rabu, 15 Maret 2017

BELAJAR HTML Chapter 7 : Membuat tabel pada HTML




HASANONTA - Assalamualaikum, kali ini HASANONTA akan menerangkan bagaimana cara membuat tabel di HTML. Sebelum maju lebih jauh, kita akan mengenal apa itu tabel. Menurut om wikipedia, tabel dibagi dalam tiga bagian yaitu :


  • Tabel (database), sebuah set data di dalam suatu database.
  • Tabel dapat berarti daftar. Wikipedia memiliki beragam daftar sebagai alat bantu navigasi dan pengembangan artikel.
                        Secara umum tabel merupakan struktur yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk baris dan kolom. pada HTML, untuk pembuatan tabel menggunakan tag <table> utuk membuat table, <tr> untuk membuat baris dan <td> untuk membuat kolom.

                       Untuk lebih mendalami tentang tabel dalam HTML, akan saya jelaskan tag2 yang digunakan dalam membuat tabel, antara lain :


  • <table> : merupakan tag pembukaan dalam membuat tabel di HTML, tanpa tag ini, tag tabel yang lain tidak akan bekerja dengan baik.
  • <tr>      : merupakan singkatan dari table row yang merupakan tag yang digunakan untuk membuat baris pada tabel yaang akan dibuat.
  • <td>     : merupakan singkatan dari table data merupakan tag yang digunakan guna menambah kolom yang akan diisi dengan data.
  • <th>     : merupakan singkatan dari table header yang digunakan untuk memberi efek header pada tabel.
untuk lebih jelasnya akan saya beri contoh2 dari penggunaan tag diatas : 


output dari kode diatas adalah :















Tidak ada komentar:

Posting Komentar