Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Kamis, 20 April 2017

BELAJAR HOSTING Chapter 2 : Cara install dan upload Wordpress ke hosting via FTP dengan FileZilla di Linux Mint 18



A. Pengertian

FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open sourcecross-platform. Binari tersedia untuk WindowsLinux, dan Mac OS X. Software ini mendukung FTPSFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). Sejak 5 Maret 2009, software ini adalah software kelima yang paling banyak diunduh sepanjang masa dari SourceForge.net.[1]
FileZilla Server adalah produk lain dari FileZilla Client. Ini adalah server FTP yang didukung oleh proyek yang sama dan fitur-fitur dukungan untuk FTP dan FTP melalui SSL / TLS.
Kode sumber FileZilla ditaruh pada SourceForge.net. Proyek ini tampil sebagai Proyek Bulan Ini pada bulan November 2003.[2]
Fitur utama dari Filezilla adalah:

  • Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya akan disimpan. Penyimpanan kata sandi adalah opsional.
  • Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
  • File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder serta melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  • Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.
Sejak versi 2.2.23, FileZilla menggunakan Unicode internal. Sebagai hasilnya, FileZilla tidak lagi berjalan pada Windows 9x/ME. (wikipedia)

B. Latar Belakang

Latar Belakang yang saya lakukan ini adalah cara agar kita bisa meng-upload file dari PC kita ke server hosting gratisan yang saya miliki menggunakan protokol FTP dan dengan media FileZilla

C. Maksud dan Tujuan

Maksud dan Tujuan dari menginstall dan transfer file via FTP dengan FileZilla ini adalah mengerti bagaimana cara menginstall dan memaksialkan penggunaan FileZilla untuk upload file via FTP.

D. Jangka Waktu

Jangka waktu yang dilakukan untuk menigstall dan enggunakan FileZilla ini tergantung besar file yang akan kita upload dan seberapa cepat internet kita. saya sendiri melakukan ini selama 30-40 menit karena besarnya file yang asya upload.


E. Alat dan Bahan 


  • PC / Laptop\
  • Linux Mint 18
  • Akun dan Website dari www.000webhost.com ( bisa dibaca DISINI )
  • Akses Internet


F. Langkah Kerja


1. Pastikan OS Linux di PC / Laptop anda update, jika belum buka terminal dan ketik :
sudo apt install update


2. Setelah itu kita akan mengistall FileZilla, caranya cukup mudah yaitu tinggal buka terminal dan ketikkan perintah :

sudo apt install filezilla

 3. lalu masukkan password root anda dan tunggu hingga instalasi selesai :




4a. Setelah instalasi selesai, buka FileZilla anda, tampilan awal FileZilla kurang lebih seperti ini  :




4b. Catatan : Perlu diketahui bahwa jika kitan inging mentransfer file via FTP dengan FileZilla dibutuhkan Host, USername, Password, dan Port dari hosting kita, kita bisa mendapatkanya di halaman webhosting kita :



5. Setelah berhasil menginstall FileZilla, selanjutnya kita akan mencoba untuk mendapatkan username, passsword, dan host untuk  meng-upload halaman wordpress yang telah saya custom ke hosting 00webhost yang sudah saya buat di postingan daya sebelumnya.

Halaman Wordpress yang saya buat


6. Pertama buka www.000webshost.com dan login dengan akun anda, akan kemuar halaman awal 000webhost seperti ini :



7. Lalu hover "Settings" yang ada di sebelah kanan atas website, dan pilih general :






8. Scrool kebawah pada halaman yang muncul, dan lihat disisi kana akan ada nama host, username, dan password yang bisa kita gunakan untuk login FTP via FileZilla :



9. kembali ke FileZilla, dan isikan Hostname, Username, dan Password sesuai konfigurasi hosting anda, lalu klik "QUICK CONNECT" :



10. Selanjutnya FileZilla akan coba login, tunggu sampai berhasil connect :




11. Setelah berhasil connect, tampilanya akan seperti ini ;



12a. Akan ada dua kolom, di kolom sebelah kiri berisi directory lokal dari PC kita, dan disisi kanan adalah directory dari webhosting kita, untuk menttansfer data antara keduanya cukup mudah, kita hanya harus melakukan drag & drop pada file yang akan ditransfer, contohnya disini saya akan mentransfer semua file wordpress saya,  :


tunggu hingga proses upload selesai

12b. CATATAN : JANGAN SEKALI - KALI MENTRANSFER FILE KE WEBHOSTING DILUAR FILE "Public_html".


13. Setelah berhasil mengupload semua file wordpress tadi, selanjutnya kita akan meng-upload file database wordpress kita ke webhosting. Pertama masuk ke halaman awal webhost anda :




14. Kemudian di kolom bagian atas, pilih "Manage Database" :





15. pada halaman yang muncul, scrool kebawah dan pilih "new database" :



16. Akan keluar sebuah modal, isikan sesuai keinginan anda :






17. lalu klik "Create", dan tunggu hingga proses pembuatan database selesai :




18. Setelah database berhasil dibuat, klik "manage" dan pilih phpmyadmin :



19. Pada halaman phpmyadmin, login sesuai username dan password yang anda buat saat membuat database tadi, setelah login, drag and drop file sql database anda, dan tunggu hingga selesai :





20. setelah semua selesai, coba buka domain webhosting anda dari internet :



21. Proses telah berhasil.... '-'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar