A.
Pengertian
Aplikasi
Simdes atau singkatan dari Sistem manajemen informasi adalah program
aplikasi komputer yang berbasis web yang dapat digunakan oleh kantor
kelurahan maupun kabupaten, untuk mencatat data kependudukan mulai
informasi Kartu Keluarga, kematian warga, kelahiran dan surat
pengantar dan lain sebagainnya.
B.
Latar belakang, Maksud dan tujuan
Terkadang
kita kesulitan dalam melakukan pendataan penduduk yang banyak jadi
kita membutuhkan suatu aplikasi yang dapat Mempermudah dan
mempercepat proses mencatat dan mengolah informasi data penduduk,
mengolah informasi data penduduk yang pindah baik pindah masuk,
pindah keluar dan pindah RT/RW.Mempermudah dan mempercepat proses
pembuatan surat pengantar seperti Surat Pengantar Domisili, Surat
Pengantar SKCK, Surat Pengantar Umum maupun Surat Pengantar Bank.
Mempermudah dan mempercepat aparat kelurahan dalam memproses data
kependudukan yang diminta oleh badan pemerintah lainnya. Aplikasi ini
sangat mempermudah dalam pengolahan dan pencarian data kependudukan
dan lain sebagainya.
C.
Alat dan Bahan
- Akses internet
-
Laptop
- Linux Mint 18
-
CMS Simdes
- LAMPP Server
D.
Langkah Kerja
1. Download Aplikasi CMS Simdes disini.
2. Lalu buka terminal dan masuk ke directory hasil download dengan perintah:
cd Downloads/
3. lalu ketik ls untuk mengecek ketersediaan file simdesa-master.zip
ls
4. Setelah itu copy file simdesa-master.zip ke folder /var/www/html dengan perintah :
sudo scp simdesa-master.zip /var/www/html/
5. lalu masuk dan extract file simdesa-master.zip di /var/www/html/ dengan perintah :
sudo cd /var/www/html/ && unzip simdesa-master.zip
6. Lalu beri hak akses ke folder simdesa-master dengan perintah :
sudo chmod 777 simdesa-mastersudo chown -R www-data:www-data simdesa-master
7. Lalu buka browser anda dan ketik di kolokm uRL :
localhost/simdesa-master
8. Jika berhasil akan keluar tampilan seperti ini :
9. Namun
sebenarnya ini belum bisa digunakan karena belum bisa meginput dan
mengakses data karena belum membuat databasenya pada phpmyadmin
databasenya.
10.
Kita buat databasenya pada phpmyadminnya dengan memasukan pada kolom
URL untuk membuka phpmyadminnya seperti gambar berikut,
localhost/phpmyadmin
11. Setelahnya login dengan username root dan password sesuai dengan saat installasi phpmyadminnya.
Selanjutnya
akan terbuka phpmyadminnya seperti gambar berikut,
Lalu
Masukan nama databasenya pada kolom 'Create
database' dengan
nama simdesa atau apapun tergantung keinginan namun lebih baik bila
disesuaikan.
12.
Selanjutnya kita kembali lagi masuk ke directory /var/www/html masuk
kedalam directory simdesanya lalu masukan perintah berikut,
cd simdesa-master/include && ls
13. Didalam folder include ada beberapa file yaitu config.php, fungsi.php, dan koneksi.php. lalu ketik perintah berikut untuk mengedit koneksi.php :
nano koneksi.php14. Akan keluar tampilan konfigurasi database seperti ini, isi dengan konfigurasi yang sesuai dengan database anda :
15. Selanjutnya kita copy-kan script sqlnya untuk dimasukan kedalam databasenya dengan cara masuk kedalam directory simdesa tadi lalu masuk lagi kedalam directory database selanjutnya masukan perintah berikut,
nano simdes.sql
Sebenarnya
bisa jg menggunakan perintah Cat, jika sudah memasukan perintah
seperti diatas akan muncul seperti gambar dibawah,
Lalu
Copy-kan script diatas untuk nanti dimasukan kedalam sql atabase
phpmyadminnya
16.
Kembali lagi ke phpmyadminnya lalu pilih database SimDesnya pada
kolom sebelah kiri lalu pilih tab 'sql' masukan
script yang tadi di copy-kan kedalam kolom kosong seperti gambar
berikut, dan klik Go :
17. Setelah
melakukan hal-hal diatas kita sudah dapat menggunakan aplikas
SimDesnya untuk menambahkan penduduknya kita dapat melakukan hal-hal
berikut,
1.
Pertama pilih menu 'Lahir/Masuk' seperti
gambar dibawah,
2. Lalu
isikan data penduduknya pada kolom-kolom diatas
3.
Setelah memasukan datanya tekan pilihan 'Simpan' dibawah
pengisian data penduduknya seperti gambar dibawah,
Pastikan
ada tanda 'Centang' disebelah
pilihan 'Simpan'
4.
Selanjutnya akan muncul pada tab 'Data
penduduk' data
penduduk yang sebelumnya sudah diinput,
5.
Untuk menambah data lainnya bisa dilakukan dengan cara yang kurang
lebih sama namun pada tab fitur-fitur yang berbeda disini kita dapat
melakukan berbagai pengembangan tergantung dengan kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar