Hasan Shol | BLC TELKOM KLATEN

HasanOnta adalah blog sederhana yang dibuat saat penulis melakukan prakerin di BLC TELKOM KLATEN. berisi tentang segala pengetahuan tentang IT khususnya hal tentang Rekayasa Perangkat Lunak

About us

LightBlog
Responsive Ads Here

Rabu, 26 April 2017

Membuat Portal Media Center Desa IT Gemampir klaten



PENGERTIAN

Portal adalah salah satu jenis web yang digunakan untuk jendela awal untuk menuju ke link atau situs yang akan dituju. Di dalam portal juga kita bisa mengenal terlebih dahulu website apa yang ingin kita buka nantinya. Disini kita akan membuat portal dari awal, sebagai contoh disini saya akan share membuat portal menjadi seperti gambar di atas

LATAR BELAKANG

Pada Bulan April 2017 saya dan teman-teman dari SMK IT TanuJaya mendapatkan perintah oleh Mbah Suro Dhemit Untuk membuat portal Media Center Desa IT Gemampir dan juga halaman Login Mikrotik yang nantinya akan digunakan oleh para warga desa Gemampir  agar lebih mudah untuk menemukan dan mengelola fitur yang telah disediakan.

MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memudahkan warga desa gemampir dalam mengolah informasi 

ALAT DAN BAHAN
  
    TAHAP PELAKSANAAN
     1. Pertama sediakan file portal terlebih dahulu, disini saya menyediakan 7 file yaitu css, font, js(bootstrap), Desa, Files, dan tentunya index.html .  ( Tidak perlu di localhost karena portal tidak membutuhkan file PHP, jadi cukup diproses oleh web browser saja tidak seperti PHP yang harus diproses lewat web server )




    2. .Sekarang kita buat buat file index.html dan mengisi script, berikut adalah script yang saya buat berdasarkan web resmi pemerintah malang, dan telah saya kustomisasi dengan  Bootstrap :










    3. isi file desa :



    KESIMPULAN
    Untuk membuat portal sistem informasi menurut saya tidak terlalu rumit karena kita hanya membutuhkan file html dan CSS saja menurut saya cukup untuk membuat sebuah portal yang cukup menarik. Dan pada postingan ini memang tidak saya jelaskan apa arti dari setiap code diatas tetapi hanya untuk menyimpan hasil kerja saya. Jika sobat penasaran dengan tampilan portal tersebut silahkan kunjungi halaman berikut portalmikrotik.webatu.com/.

    Jika anda berminat source codenya, bisa pm ane di https://www.facebook.com/hsn.rpl

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar